MENANAMKAN SOLIDARITAS DAN KEBERSAMAAN

SOLIDARITAS

Solidaritas adalah rasa kebersamaan, rasa kesatuan kepentingan, rasa simpati sebagai salah satu sekolah yang sama atau bisa diartikan perasaan atau ungkapan dalam sebuah kelompok yang di bentuk oleh kepentingan bersama. Manfaat yang bisa kita ambil dari rasa solidaritas adalah saling membantu satu sama lain dan rasa kepedulian untuk teman. Kepedulian terhadap orang lain berarti menunjukkan rasa pentingnya solidaritas dan kebersamaan.

Prinsip Solidaritas :

  • Terjaganya rasa persaudaraan dan pertemanan terhadap sesama
  • Timbulnya rasa kepedulian terhadap teman dan keluarga
  • Lebih peka terhadap lingkungan sekitar
  • Terjalinnya kekompakan terhadap teman

Sekolah merupakan tempat menuntut ilmu. Setiap pagi hingga siang setengah sore menghabiskan waktu di sekolah. Tak hanya ilmu yang di dapat tapi juga pengalaman. Rasa kebersamaan semakin kuat ketika sekolah mengadakan acara, seperti kebersamaan siswa-siswi SDN 4 Klatakan saat mengikti kegiatan gerak jalan di kabupaten Situbondo dalam memperingati kemerdekaan RI yang ke- 74.

KEBERSAMAAN

Kebersamaan adalah wujud tindakan sosial yang menggembirakan bagi semua pihak yang terlihat. Kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama akan memberikan nilai tambah apabila dibanding dengan yang dilakukan seorang diri. Contoh sederhana seperti hal nya makan bersama-sama saat selesai mengikuti gerak jalan. Kebersamaan yang positif membantu individu untuk membangun diri menjadi lebih baik karena ada kepedulian, ada kasih sayang, dan ada penghormatan. Kebersamaan juga mengajarkan cara berbagi, saling memberi dan menerima.

Di mulai melihat realitas kehidupan di keluarga, kehidupan di sekolah para siswa perlu di ajak untuk bisa saling peduli satu sama lain melalui kegiatan bersama.