LATIHAN PRAMUKA

KEGIATAN LATIHAN PRAMUKA

Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Istilah Pramuka sendiri merupakan singkatan dari praja muda karana. Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar dan metode Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan tujuan agar:

  1. Anggotanya menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur
  2. Anggotanya menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya
  3. Anggotanya menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya
  4. Anggotanya menjadi manusia yang menjadi warga Negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelenggarakan pembangunan bangsa dan Negara.

Dalam Pramuka terdapat tingkatan yang disesuaikan dengan umur. Di tingkat SD pramuka dibagi menjadi 2 tingkatan yaitu:

  1. Siaga

Siaga adalah sebutan bagi anggota pramuka yang memiliki rentang usia 7-10 tahun. yaitu anak SD kelas 1-3. Satuan terkecil dalam golongan biasanya disebut Barung. Setiap beberapa barung dihimpun dalam satuan besar yang dinamakan perindukan. Satu barung biasanya diisi 6-10 orang anggota pramuka siaga dan dipimpin oleh seorang pemimpin Barung atau Pinrung. Dalam golongan siaga ada tingkatan yang dibedakan sesuai dengan syarat kecakapan umum (SKU) yang wajib dipenuhi oleh seorang pramuka siaga. Tingkatan tersebut antara lain Siaga Mula, Siaga Bantu, dan Siaga Tata.

  1. Penggalang

Penggalang merupakan pramuka yang memiliki rentan usia 11-14tahun. Yaitu anak SD kelas 4-6. Golongan ini merupakan golongan pramuka setelah siaga. Pramuka penggalang digolongkan dalam 4 tingkatan yaitu pengglang ramu, penggalang rakit, penggalang terap dan penggalang garuda. Sama seperti siaga, tingkatan tersebut bias dicapai secara berturut-turut setelah seorang pramuka penggalang menyelesaikan pencapaian SKU.

 

Pramuka merupakan salah satu wadah untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang baik dan siap menghadapi perkembangan zaman. Dimana segala bentuk kegiatannya akan berorientasi pada pembentukan mental, spiritual, emosional dan intelektual serta melestarikan keutuhan :

  •  NegaraKesatuan Republik Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika
  •  Ideologi Panacasila
  • Trisatya dan Dasadharma Pramuka
  • Kehidupan bermasyarakat
  • Lingkungan Hidup di bumi Nusantara

 

Bahwa dalam upaya meningkatkan dan melestarikan hal-hal tersebut, Gerakan Pramuka SDN 4 klatakan menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler melalui Kepramukaan sebagai bagian pendidikan Nasional dengan prinsip dasar dan metode ke pramukaan. Dimana kegiatan tersebut, dilaksanakan dalam bentuk latihan mingguan dan partisipasi kegiatan di luar gudep SDN 4 Klatakan. Diharapkan dengan dilaksanakan kegiatan kepramukaan ini para pesesrta didik (Generasi penerus bangsa) bisa mempersiapkan dirinya untuk menghadapi perkembangan