JUM'AT BERBAGI

Pada dasarnya berbagi bukan sifat alamiah anak, namun merupakan sebuah kebiasaan. Untuk itu, mengajarkan dan memotivasi anak untuk mau berbagi merupakan hal yang baik untuk dilakukan agar bisa menumbuhkan rasa empati dan mendidik anak untuk peduli terhadap orang lain.

Selama masa perkembangan kognitif dan perkembangan fisik anak sejak dini, kemampuan berbagi yang dimiliki anak dapat membantu mendukung tumbuh kembangnya. Umumnya, keterampilan berbagi ini digunakan anak untuk dapat bersosialisasi dengan teman maupun orang lain di sekitarnya. Setelah anak mulai memahami konsep berbagi dengan orang lain, biasanya anak akan lebih mudah bersosialisasi di sekolah maupun lingkungan rumah.

Siswa kelas 1 SDN 4 Klatakan pada hari jumat tanggal 26 Nopember 2021 mengadakan makan bersama untuk menumbuhkan rasa empati dan mempererat solidaritas sesama teman

Bisa dibilang, mengajarkan dan memotivasi anak untuk berbagi sama dengan memberi tahu kepadanya mengenai konsep “memberi”. Dengan cara ini, anak akan belajar bahwa ketika kita memberi sesuatu kepada orang lain, kebaikan ini dapat digantikan kembali kepada kita nantinya dengan cara yang tak terduga. Secara tidak langsung, mengajarkan anak untuk berbagi juga mendidik bagaimana caranya bernegosiasi dan bergiliran dalam melakukan sesuatu.