KEGIATAN PRAMUKA

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka yang meliputi Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega. Pemuda merupakan generasi penerus bagi suatu bangsa, di tangan para pemudalah bangsa ini dapat maju dan bersaing dengan Negara yang lain.

Kegiatan pramuka banyak menanamkan nilai pendidikan moral, etika, dan pembentukan karakter siswa. Maka dari itu pemerintah tidak meragukan lagi dengan pendidikan yang ada di kepramukaan. Di tengah pengaruh era informasi digital yang mempengaruhi gaya dan perilaku siswa, pendidikan kepramukaanpun dirasa sangatlah penting bagi pengembangan diri siswa. Apalagi bagi mereka yang sedang mengalama transisi untuk mencari jati diri. Ketika mereka belum mempunyai pendirian yang tetap. Kebanyakan siswa-siswi banyak terbawa pengaruh buruk di lingkungan luar sekolah. Hal ini karena mereka belum mempunyai kepribadian dan prinsip yang tetap. 

Oleh karena itu, kegiatan kepramukaan di SDN 4 Klatakan rutin dilaksanakan setiap hari kamis/jum’at sore di halaman sekolah karena pendidikan kepramukaan bisa menjadi solusi untuk pembentukan karakter siswa. Dengan memberikan pendidikan kepramukaan di sekolah, maka siswa akan lebih mempunyai karakter, mandiri, berjiwa kepemimpinan dan tanggung jawab.