KEGIATAN SETELAH PAS 3P (Penjelajahan Pramuka Penggalang)

Perkemahan adalah pertemuan Pramuka Penggalang yang diselenggarakan secara reguler untuk mengevaluasi hasil latihan di gugus depan dalam satu periode, seperti Perkemahan Pelantikan Penggalang Baru, Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami), perkemahan hari libur, dan sejenisnya.

Penjelajahan merupakan suatu kegiatan  di alam terbuka yang menarik, menyenangkan dan menantang yang dapat mengembangkan kecintaan mereka kepada alam dan menambah wawasan tentang lingkungan.
Bagi pembina pramuka, lintas alam dapat difungsikan sebagai media pendidikan untuk mengembangkan kepribadian serta watak peserta didik. Oleh karena itu. Pendidikan pramuka tidak hanya membuat siswa lebih berkarakter dan mempunyai kepribadian yang positif. Pramuka juga mengajarkan siswa bagaimana mengenal lingkungan hidup dan bertahan hidup dalam keadaan darurat, berbagai pengetahuan dan ilmu bertahan hidup seperti menggunakan berbagai benda di alam sekitar, yang akan membuat siswa lebih tangguh dan mencintai alam yang ada disekitarnya.

Setelah ujian PAS selesai tanggal 11-12 Desember 2021 siswa siswi pramuka Penggalang SDN 4 Klatakan mengadakan kegiatan PERSAMI yang di dalamnya juga ada kegiatan penjelajahan dan lain sebagainya.

Manfaat Pramuka banyak sekali. Diantaranya :

  1. Menjadi Pribadi yang lebih mandiri
  2. Melatih kedisiplinan
  3. Gotong royong dan kebersamaan
  4. Meningkatkan kepedulian
  5. Belajar mencintai alam
  6. Belajar Organisasi dan bekerja sama
  7. Melatih kepemimpinan dan kreativitas

Dan masi banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari kegiatan Pramuka. Diharapkan dari kegiatan pramuka ini bisa memberikan dampak pengaruh positif terhadap siswa siswi SDN 4 Klatakan Walaupun tidak langsung terlihat, manfaat ini akan dirasakan di kemudian hari oleh mereka