PELAKSANAAN ANBK

Melansir dari situs Kemdikbud, ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter), kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

ANBK sebagai penilaian terhadap mutu sekolah memiliki berbagai tujuan kegiatan. Selain untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, berikut tujuan lain kegiatan ANBK.

1. Memantau perkembangan mutu sekolah dari waktu ke waktu.

2. Memantau kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan   antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu).
3. Memantau pengembangan kompetensi dan karakter murid.

4. Memberi gambaran tentang karakteristik sebuah satuan pendidikan yang efektif.

Pelaksanaan ANBK Siswa siswi SDN 4 Klatakan dilaksanakan pada gelombang kedua yang digelar pada tanggal 15, 16 Nopember 2021 yang bertempat di SDN 1 Klatakan karena status sekolah kami yang masi menumpang